Kencing terasa sakit dan mengeluarkan sedikit cairan berwarna putih

MB Info Penanya: MB, Pria, 2019 Tahun
Saya mau dok.... Dari kemarin saya kencing terasa sakit dan kdng mengeluarkan sdkit cairan berwarna putih... gejala penyakit apa itu dok...???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MB,

Keluhan sakit saat buang air kecil disertai adanya duh tubuh dari kemaluan dapat disebabkan beberapa penyebab seperti:

  • Infeksi saluran kemih ditandai perubahan frekuensi berkemih, nyeri saat berkemih, perubahan warna urine, atau nyeri perut
  • Uretritis atau peradangan pada saluran antara kandung kemih dan saluran keluar urine. Bisa disebabkan oleh bakteri spesifik seperti gonore atau bakteri tidak spesifik selain gonore
  • Infeksi menular seksual
  • Gangguan ginjal
  • Cedera dapat timbul karena beragam hal termasuk tindakan medis seperti pemasangan kateter

Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter untuk memastikan penyebabnya dan penanganan lebih lanjut. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan mulai dari wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, tes urine, pemeriksaan sampel duh tubuh, USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Upayakan untuk banyak minum air putih, hindari melakukan hubungan seksual hingga benar-benar tuntas teratasi, hindari menahan buang air kecil dan rutin mengganti pakaian ataupun pakaian dalam. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu di kandung kemih

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Perjalanan Mudik

Kemacetan saat mudik membuat seseorang menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Padahal, terdapat bahaya menahan buang air kecil saat mudik yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kandung kemih.