Kencing terasa perih serta terdapat jerawat pada vagina

RY Info Penanya: RY, Pria, 19 Tahun
Selamat siang dok,saya mau tanya dok,saya pengantin baru 3 bulan,dan yg mau saya tanyakan kenapa istri saya kalau kencing perih,dan di bibir vagina ada seperti jerawat,tapi sakit di rasakan agak gatel,itu kenapa ya dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Bapak R,

Kencing terasa perih dapat disebabkan adanya infeksi pada saluran kemih. Penyakit ini biasanya diderita pada wanita yang baru menikah. Wanita lebih berisiko terkena infeksi saluran kemih dikarenakan jarak antara lubang kemih dan bukaan vagina sangatlah dekat. Untuk itu yang dapat dilakukan adalah buang air kecil setelah berhubungan seks, menggunakan celana dalam yang berbahan katun, membersihkan area vagina dengan mengusap dari depan ke belakang serta banyak mengonsumsi air putih.

Selain itu keluhan jerawat pada vagina dapat disebabkan adanya peradangan pada kulit vagina. Peradangan kulit ini kemudian membesar menjadi bintil jerawat yang dapat berisi nanah. Jerawat di vagina juga bisa timbul akibat perubahan hormon dan stres. Penyebab lainnya dapat juga disebabkan oleh infeki menular seksual seperti herpes, kutil kelamin, serta vulvovaginitis (infeksi pada bibir vagina). Untuk itu untuk selalu menjaga kebersihan alat kelamin dan segera konsultasikan ke dokter jika keluhan tetap muncul.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih kambuh lagi

Begini Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih yang Benar agar Tak Kambuh Lagi

Infeksi Saluran Kemih (ISK) bisa disembuhkan, namun dapat kambuh lagi. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan infeksi saluran kemih kambuh, antara lain sistem imun yang lemah dan kebersihan organ intim yang tidak terjaga. Cara mengobatinya dengan memberikan antibiotik oleh dokter.