Buang air kecil (BAK) perih dah disertai darah pasca persalinan, apa penyebanya ?

A Info Penanya: A, Wanita, 23 Tahun
Halo dok aku mau tanya,aku habis melahirkan sekitar 10 hari .kenapa setiap buanh air kecil terasa perih ,kadang saat tidak bak pun terasa perih..dan seperti keluar darah berlendir dijalan pipis..apakah darah keluat dari jalan pipis atau dari vagina? Soalanya darah selalu berada di.bagian depan..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A.

Buang air kecil (BAK) yang perih dapat terjadi karena berbagai faktor yang umumnya berhubungan dengan gangguan pada saluran ataupun organ kemih. Namun pada wanita pasca persalinan secara spontan, keluhan BAK yang perih cukup banyak dialami. Umumnya rasa nyeri tersebut dapat berlangsung hingga 6 minggu pertama pasca melahirkan. Hal ini berhubungan dengan luka robekan vagina saat proses persalinan. Terutama jika luka robek tersebut cukup dekat dengan uretra atau lubang kemih.

Adapun faktor dan kondisi medis lainnya yang meliputi  :

  • infeksi salura kemih
  • cedera pada bagian bawah uretra akibat pemasangan selang kencing atau kateter pada proses persalinan
  • ditambah dengan faktor piskologis umumnya nyeri dapat terasa lebih berat

Mengenai keluhan BAK perih Anda yang juga disertai pengeluaran darah, terlebih dahulu perlu Anda pastiikan darah yang keluar berasal dari mana. Jika Anda kesulitan, Anda dapat mendatangni bidan terdekat untuk membantu Anda melihat sumber perdarahan. Apabila ternyata berupa darah nifas maka wajar jika disertai lendir. Namun apabila ternyata benar berasal dari saluran kemih maka Anda perlu berobat ke dokter Kandungan untuk mengatasinya.

Untuk sementara penuhu kebutuhan cairan perhari Anda (2,5 L/hari bagi wanita) dan hindari menahan BAK. Jika keluhan nyeri memberat ada baiknya untuk segera diperiksakan.

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan berwarna coklat yang tidak berbau, tidak perlu dikhawatirkan

Ini Sebabnya Keputihan Berwarna Coklat Bisa Muncul

Keputihan berwarna coklat bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kondisi normal hingga penyakit tertentu. Keputihan ini bisa muncul sebagai tanda ovulasi, keguguran, hingga perimenopause.