21 Nov 2020, 16:34Kulit & Kelamin

Kencing Nanah Apakah Berbahaya?

AN*
Info Penanya: AN*0
Gmna cara mengobati kencing nyeri dan kluar cairan putih sedikit... Apakah itu bhaya...
664 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi AG,Terimakasih atas pertanyaannya.Kencing dengan rasa nyeri dan mengeluarkan cairan yang putih pada pria disebut kencing bernanah. Biasanya gejala ini bisa disebabkan adanya penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual (IMS) dan bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.

IMS penyebab kencing nanah pada pria

  • Gonorea
    Disebabkan bakteri Neisseria gonorrhoeae. Gejala berupa nyeri saat BAK, keluar cairan atau nanah berwarna kuning, putih atau keabuan dari saluran kemih, nyeri pada testis, gatal dan perih di anus, nyeri saat BAB, perdarahan pada anus.
  • Sifilis
    Terdapat fase primer, sekunder, laten, dan tersier. Gejala berupa adanya luka atau kutil pada ujung penis disertai kemerahan pada telapak tangan atau tumit kaki, kelelahan, sariawan di mulut atau lipatan tubuh, pembengkakan kelenjar getah bening, hingga mati rasa atau kebas pada tubuh.
  • Herpes Simplex Virus (HSV)
    Disebabkan HSV tipe 2. Timbul lenting-lenting isi cairan, terasa panas, nyeri, pembengkakan kelenjar getah bening, bisa disertai nyeri otot dan demam.
  • Human Papiloma Virus (HPV)Ditandai dengan timbul kutil yang bergerombol pada penis menyerupai kembang kol. Bisa juga tidak timbul gejala.
  • Human Immunodeficiency Virus (HIV) 
    Virus yang menyerang imunitas tubuh. Gejala yang timbul tidak khas seperti demam, kelelahan, pusing, nyeri otot, nyeri sendi, sariawan yang luas di mulut,serta banyak penyakit infeksi yang timbul karena imunitas yang rendah.
  • Klamidia
    Disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Gejalanya penis keluar nanah atau cairan kehijauan yang disertai nyeri saat BAK, gatal di sekitar lubang penis, dan nyeri pada biji zakar (testis).
  • Balanitis (radang kepala penis)
    Disebabkan infeksi bakteri, jamur, alergi atau iritasi kulit di sekitar kepala penis. Penyakit ini dikarenakan kebersihan penis yang tidak terjaga atau pria yang tidak disunat.
Untuk itu sebaiknya sikonsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan lebih lanjut mengenai penyebab serta penanganan yang tepat. Lakukan pemeriksaan dan pengobatan sedini mungkin mencegah tingkat keparahan dan prognosis kesembuhan yang lebih baik.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
infeksi saluran kemihhivgonorrheainfeksi menular seksualherpes genitalbalanitissifilishpv
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil