Berapa lama penyembuhan penyakit kencing nanah?

MF Info Penanya: MF
Halo dok, untuk penyembuhannya apakah lama utk kencing nanah ini? Dan apakah bisa berkonsultasi ke dokter yg ada di klinik? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kencing nanah atau gonore merupakan salah satu jenis penyakit infeksi menular seksual yang diakibatkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Infeksi ini menular dari hubungan seksual yang tidak aman.

Pada pria, gejalanya berupa nyeri dan bengkak di buah zakar, nyeri saat BAK, keluarnya nanah yang menetes dari penis, bengkak atau kemerahan pada lubang penis, dan keinginan untuk BAK terus menerus. 

Penyakit ini bisa diobati dengan antibiotik. Tetapi semakin kesini, penyakit ini kian sulit diobati. Itu disebabkan karena bakteri Neisseria gonorrhoeae menjadi kebal terhadap antibiotik. Sehingga, untuk proses penyembuhannya pun memakan waktu yang cukup lama. 

Untuk itu, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang rutin ke dokter. Bisa ke dokter di klinik terdekat dengan Anda atau ke fasilitas kesehatan yang ada. Selain itu, jangan melakukan hubungan seksual yang beresiko dan gunakan kondom sebagai pelindung penis Anda. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh MF
27 Apr 2020, 21:07
Jika untuk disuntik apakah ada dok? Dan utk biayanya kurang lebih berapa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
28 Apr 2020, 03:08
Selamat pagi MF,
Biasanya dokter akan menyuntikkan antibiotik dengan dosis besar dan melanjutkan dengan antibiotik per oral. Perihal biaya tergantung antibiotik yang diberikan dan tergantung Rumah Sakit masing-masing.
Salam sehat,
dr. Vina
Dibalas oleh MF
28 Apr 2020, 04:23
Untuk antibiotik itu, bisa utk tahan sakit pada saat BAK?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
28 Apr 2020, 08:29
Halo MF,
Segera periksakan ya karena kencing nanah bisa penyebabnya infeksi menular seksual. Untuk mengurangi nyeri pada BAK bisa konsumsi parasetamol atau obat pereda nyeri seperti ibuprofen. Jangan beli antibiotik sendiri tanpa pemeriksaan dokter karena bisa berisiko efek samping dan resistensi obat.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat sel-sel kanker berkembang biak pada serviks, kanker leher rahim pun akan terjadi

Wanita Wajib Tahu, Ini Cara Tepat Cegah Kanker Leher Rahim

Kanker leher rahim sangat mudah dicegah jika Anda mengetahui penyebabnya. Mulai dari menerima vaksin HPV, memeriksakan kesehatan secara berkala, seria pada pasangan, hingga menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang.