Kencing berdarah pada pria

NL Info Penanya: NL, Wanita, 26 Tahun
Malam dok, saya mau bertanya kenapa setelah sama berhubungan intim dengan suami, suami mengalami kencing berdarah, apakah ada permasalahan dari saya atau suami saya? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NLK.

Kencing berdarah (hematuria) adalah salah satu gejala yang dapat mengindikasikan gangguan pada saluran kemih. Berkisar dari yang penyebab yang cenderung ringan hingga yang terberat seperti keganasan. Kencing berdarah dapat diidentifikasi secara langsung pada urin karena dapat langsung terlihat saat buang air kecil (gross hematuria), atau dapat pula tidak terlihat langsung namun teridentifikasi pada pemeriksaan laboratorium analisa urin dalam skala mikroskopik.

Penyebab kencing berdarah

Kencing berdarah umumnya terjadi ketika ginjal atau organ lain yang yang termasuk kepada sistem berkemih mengalami gangguan, sehingga sel darah merah dapat keluar bersama urin. Berbagai kondisi medis yang mungkin mendasari diantaranya adalah :

1. Infeksi saluran kemih

Gangguan yang diakibatkan oleh bakteri yang masuk melaui saluran uretra dan berkembang pada kandung kemih. Umumnya gejala disertai dengan nyeri saat berkemih.

2. Batu saluran kemih 

Pengendapan mineral-mineral dalam urin yang mebentuk kristal dan batu di kandung kemih 

3. Gangguan ginjal

  • Infeksi yang menyebar ke ginjal hingga terjadi radang pada bagian ginjal yang berfungsi sebagai sistem penyaringan (glomerolunefritis), dapat disertai gejala nyeri pinggang
  • batu ginjal, prosesnya hampir serupa dengan batu saluran kemih
  • cedera pada ginjal

4. Peggunaan obat-obatan tertentu

Efek samping obat-obatan jenis tertentu seperti antibiotik atau pengencer darah

5. Olahraga yang terlalu berat

Diduga berkaitan dengan cedera akibat trauma pada kandung kemih saat berolah raga terlalu keras

6. Keganasan atau kanker

Dapat terjadi pada stadium lanjut dari kanker kandung kemih, ginjal atau prostat

7. Penyakit keturunan

Penyakit keturunan seperti anemia sel sabit dan sindrom Alport 

Terkait dengan keluahan yang dialami oleh suami Anda, masih terdapat berbagai kemungkinan yang dapat mendasari gejala kencing berdarah tersebut. Penyebab tersering yang mendasari adalah gangguan pada ginjal serta infeksi saluran kemih. Namun, membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya. Umumnya dokter akan menyarankan prosedur cek urin di laboratorium pada tahap awal dan mungkin dibutuhkan pemeriksaan lanjutan seperti USG untuk mengindentifikasi organ ginjal dan saluran kemih.

Jika keluhan disertai nyeri, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri pada dokter Spesialis Urologi.

Untuk sementara yang dapat Anda lakukan adalah memcukupi kebutuhan cairan perhari Anda, berkisar hingga 3 L/hari untuk laki-laki dewasa yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung serta kurangilah minuman berwarna dan berasa.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh NL
19 Mar 2020, 18:25
Apa ada kemungkinan lain karena sebelumnya berhubungan intim dengan saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
20 Mar 2020, 10:12
Apabila yang dialami adalah kencing berdarah, maka penyebabnya sesuai yang telah dijelaskan ya, NL.

Apabila darah keluar dari kelamin namun bukan saat kencing, kemungkinannya bisa berbeda, yaitu darah yang berasal dari saluran ejakulasi pria. Sebaiknya diperiksakan ke spesialis urologi untuk menentukan penyebab pastinya ya, terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kencing sakit bisa menjadi pertanda infeksi pada saluran kemih maupun penyakit lainnya

Kencing Sakit Belum Tentu Akibat Infeksi Saluran Kemih

Selain infeksi saluran kemih, keluhan kencing sakit juga bisa disebabkan oleh masalah di organ-organ lain, seperti kandung kemih dan prostat. Jika mengalami sakit saat buang air kecil, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter penyebabnya supaya lekas diketahui dan ditangani sebelum bertambah parah.