Kencing berdarah pada anak, apa penyebabnya?

AL Info Penanya: AL, Pria
Dok mau tanya, anak saya beberapa hari ini sering buang air kecil, kadang ada darah yg keluar, itu apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, AL

Bila kencing mengandung darah, menandakan adanya sel darah merah di dalam air kencing. Seharusnya ada penyaring di ginjal yang mencegah darah masuk ke dalam urine. Beberapa penyebab yang bisa terjadi adalah gangguan struktur di saluran kemih, gangguan mineral di dalam urine, glomerulonephritis (radang bagian glomerulus di ginjal) atau penyakit keturunan.

Gangguan struktur bisa akibat adanya kista atau sumbatan di ginjal. Biasanya bisa dikonfirmasi dengan pemeriksaan USG. Gangguan mineral di dalam urine, bila kadar kalsium terlalu tinggi di dalam ginjal, selain kencing bisa mengandung darah, bisa juga tampak nyeri atau panas saat buang air kecil. Biasanya ada riwayat batu ginjal di dalam keluarga. Radang di ginjal atau penyakit keturunan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan laboratorium. Sebaiknya konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak untuk tatalaksana selanjutnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada wanita daripada pria

Kenali Gejala Infeksi Saluran Kemih pada Wanita

Gejala infeksi saluran kemih (ISK) merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, ISK pada saluran kemih bagian atas bisa berbahaya. Salah satu gejala infeksi saluran kemih ialah keinginan buang air kecil terus menerus. Selain mengonsumsi antibiotik, langkah pencegahan infeksi saluran kemih dapat dilakukan dengan menyeka air dari depan ke belakang untuk menghindari bakteri dari anus ke vagina dan uretra.