Kencing berbusa sudah 2 bulan, dengan riwayat keluhan yang sama disertai sakit pinggu, meriang, kencing agak panas dan gatal

KM Info Penanya: KM, Pria
Selamat malam dok, kenapa yaa udh 2 bulan ini kencing saya sering berbusa padahal sudah cukup minum dan gada keluhan apa" baik pas kencing maupun setelahnya, tapi sebelum"nya 2 bulan lalu pernah sakit pinggul, dan meriang, terus kencing aga panas dan gatal, 2 hari kemudian sembuh tanpa minum obat. Dan sekarang udh engga cma berbusa aja :((
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KM.

Terimakasih atas pertanyaannya.

Urine atau air seni yang normal umumnya berwarna kuning jernih keemasan, atau sedikit lebih gelap. Teksturnya encer dan tidak berbuih. Namun, kadang terjadi perubahan yang membuat kencing tampak seperti berbusa. Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi perubahan tersebut, baik karena kondisi medis tertentu ataupun efek samping dari konsumsi obat-obatan. Terkadang keadaan tersebut terjadi bila Anda kurang minum atau sedang mengalami dehidrasi.

Jika keluhan kencing berbusa ini tampak sesekali, kemungkinan bukan hal yang perlu diwaspadai. Namun, jika kencing berbusa sering terjadi, atau disertai keluhan lain seperti nyeri saat berkemih, nyeri pada panggul, demam, sensasi terbakar pada daerah tempat berkemih, dan adanya keinginan untuk berkemih yang lebih sering namun hanya sedikit, dapat merupakan tanda dan gejala dari infeksi saluran kemih (ISK).

Untuk dapat memastikan kondisi Anda saat ini, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke Dokter. Untuk menegakkan diagnosis, dokter biasanya merekomendasikan pemeriksaan sampel urine untuk memeriksa sel darah putih, sel darah merah, nitrit, dan ada atau tidaknya bakteri dalam urine.

Berikut saya lampirkan artikel mengenai cara mengobati ISK sebagai informasi tambahan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu di kandung kemih

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Perjalanan Mudik

Kemacetan saat mudik membuat seseorang menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Padahal, terdapat bahaya menahan buang air kecil saat mudik yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kandung kemih.