08 Dec 2020, 17:02Perut

Apakah batu saluran kemih bisa kambuh kembali?

FJ
Info Penanya: FJ0
Kemaren waktu kencing ada batu keluar dari saluran kencing setelah itu buat kencing udah plong bgtt? Apakah udah sembuh apa masih ada batu yg lain dok?
208 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
HAllo FJ,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Sakit berkemih karena adanya batu di saluran kemih sangat membuat penderita kesakitan, karena pergerakan batu yang menekan saraf ini menimbulkan rasa sakit yang hilang timbul. Selain itu penderita juga dapat mengalami kencing yang berdarah karena perlukaan batu. Jenis batu saluran kemih ini bermacam -macam tergantung penyebabbnya antara lain : batu kalsium adalah batu terbanyak yang dijumpai, batu asam urat, batu sistein, dan batu xanthin.

Gejala batu saluran kemih

Gejala batu saluran kemih sesuai dengan letak dan pergerakan batu antara lain :
  • Nyeri pinggang hilang timbul hingga berkeringat dingin
  • Nyeri saat BAK
  • Nyeri perut bagian bawah
  • Nyeri ketok pinggang belakang
  • Demam
  • BAK berdarah
  • Keluar pasir saat BAK
Batu yang sudah keluar dapat membuat lega penderitanya, namun jika masih terdapat sisa batu di saluran kemih, baik di ginjal, ureter, buli-buli, dan urethra, gejala masih dapat kambuh kemabali. Untuk itu Anda dapat memeriksakan diri ke dokter urologi melalui USG, pemeriksaan urin, pemeriksaan jenis batu untuk mengatasi penyebab dan mencegah terjadinya kolik batu selanjutnya.Anda juga harus menjaga kesehatan organ kemih dengan cara menghindari menahan kencing, minum air putih yang cukup, olahraga secara konsisten, hindari duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
batu ginjaldemaminfeksi saluran kemih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil