Kenapa ya tangan selalu berkeringat walau di ruangan ber AC?

N Info Penanya: N, Pria, 2019 Tahun
dok mau nanya kenapa ya tangan saya selalu kerigatan walaupun di ruangan ber AC ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NCS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kondisi klinis yang menyebabkan keringat berlebih disebut Hyperhidrosis. Bisa terjadi pada suhu panas ataupun cuaca dingin, saat aktivitas atau saat beristirahat. Biasanya dimulai pada akhir masa puber, sementara keringat di telapak tangan dimulai sekitar usia 13 tahun. Kondisinya tidak bisa diobati dan berlangsung seumur hidup karena faktornya lebih ke keturunan / genetik. Bisa karena kelenjar keringat yang terlalu aktif, akibat suatu ketidaknyamanan secara fisik atau emosional.

Beberapa kondisi klinis yang menyebabkan keringat berlebih akibat dari gangguan hormon pertumbuhan, kanker, obat-obatan tertentu, diabetes, jantung, hipertiroid atau infeksi msalnya pada paru-paru seperti TBC. Biasanya keringat akan timbul di seluruh tubuh, tidak hanya di salah satu bagian tubuh. 

Bila keluhan berlanjut, anda memerlukan pemeriksaan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam terutama ahli bidang metabolisme. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan laboratorium darah dan pemeriksaan lainnya untuk memastikan diagnosanya. Anda juga dapat membaca artikel mengenai Telapak Tangan Berkeringat, Benarkah Pertanda Gangguan Kesehatan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai jenis neuropatik diabetik yang harus diwaspadai, karena menyerang saraf dari kepala hingga kaki

Jenis-Jenis Neuropati Diabetik, Komplikasi Diabetes Melitus yang Menyerang Saraf

Diabetes melitus masih menjadi penyakit serius, yang menjadi perhatian dunia. Penyakit ini antara lain dapat menimbulkan neuropati diabetik pada saraf. Karena ada berbagai jenis saraf di tubuh, terdapat pula jenis-jenis neuropati diabetik, yang harus Anda waspadai.