Apa penyebab sering mengantuk?

WA Info Penanya: WA, Wanita, 16 Tahun
Assalamu'alaikum dok..Akhir2 ini saya sering sekali merasa mengantuk, bahkan sampai - sampai jam tidur saya skrng jdi lebih panjang dr pd biasanya, apa yang harus saya lakukan dok ????Syukron,Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi,

Sering mengantuk adalah kondisi yang bisa timbul karena beberapa penyebab seperti diantaranya adalah mengalami gangguan tidur di malam hari, aktivitas fisik berat, efek samping obat, kondisi psikis yang kurang baik seperti cemas atau depresi, gaya hidup sehari-hari dan lainnya. 

Jadi untuk mengatasi rasa kantuk perlu dilakukan perbaikan pola hidup sehari-hari bisa dengan mengupayakan bangun dan tidur pada jam yang sama setiap harinya, kelola kesehatan mental dengan baik, lakukan olahraga teratur selain untuk menyegarkan badan juga untuk menyegarkan pikiran, bisa juga kurangi konsumsi makanan yang tinggi gula. 

Rasa kantuk terus menerus juga bisa menurunkan konsentrasi dan produktivitas terutama jika masih sekolah dimana bisa mengganggu saat proses belajar mengajar. 

Bisa juga tidur siang 20 menit hingga 1 jam untuk membantu mengurangi rasa kantuk di siang hari. Jika keluhan masih tetap timbul dan mengganggu maka ada baiknya untuk dilakukan pemeriksaan pada dokter untuk menilai apa penyebabnya. Karena bisa juga disebabkan oleh kondisi lain seperti narkolepsi atau serangan kantuk di siang hari. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menginjak usia 25 tahun, Sulli F(x) bunuh diri yang diduga akibat depresi.

Punya Riwayat Depresi, Sulli Ditemukan Bunuh Diri

Depresi memicu seseorang mengambil keputusan bunuh diri. Seperti Sulli penyanyi dan aktris korea selatan, yang ditemukan meninggal bunuh diri akibat depresi.