08 Sep 2021, 14:32Kulit & Kelamin

Kenapa warna urat di wajah terlihat?

AN
Info Penanya: AN0
Saya perempuan umur 16 tahun, jadi pas kecil kulit saya termasuk ke arah sawo matang dok karna sering main diluar panas2an tapi sekarang saya mulai perawatan kulit, luluran (shinzui) seminggu sekali dan rajin pakai body lotion (Nivea) apalagi selama pandemi saya jarang banget keluar rumah, sekarang kulit saya cerahan dok tapi kenapa ya urat2nya terlihat, bukan terlihat menonjol tapi warna hijau2 nya cukup terlihat di tangan dan kaki saya, kira2 itu kenapa dok bahaya tidak?
105 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Malam AN,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Urat di wajah tampak jelas dan muncul di wajah bisa di sebabkan oleh telangiektasia. Keadaan ini bisa muncul karena kulit wajah putih atau kondisi kulit yang tipis sehingga urat tersebut nampak di pipi. Telangiektasia merupakan urat yang berbentuk seperti akar pohon bisa berwarna biru atau kehijauan disebabkan karena pelebaran pembuluh darah kecil yang berada di wajah.

Beberapa penyebab telangiektasia :

  • Gangguan homon seperti pada kehamilan
  • Penggunaan cream pemutih yang mengandung steroid tinggi
  • Paparan matahari secara langsung dan lamas
  • Seseorang yang mengalami pertambahan usia
  • Penyakit kulit seperti scleroderma (pengerasan pada kulit) dan dermatomyositis (peradangan pada kulit yang menimbulkan kemerahan dan peradangan pda otot)
Telangiektasia sebenarnya bukan penyakit yang berbahaya. Namun jika dirasakan menggangu penampilan di wajah, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter kulit untuk dilakukan pemeriksaaan lebih lanjut. Anda juga bisa berkonsultasi secara online chat ke dokter kulit. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi keluhan, hindari penggunaan produk yang mengandng kortikosteroid tinggi pada wajah, perhatikan setiap kandungan pada produk yang Anda gunakan, hindari paparan matahari secara langsung, makan makanan bergizi, perbanyak air putih dan istirahat cukup.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
perawatan kulitkesehatan kulitperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil