Kenapa wajah gatal setelah pakai sabun muka scrub ?

YR Info Penanya: YR, Pria, 18 Tahun
Setiap saya pakai pembersih muka yang ber scrub, setelah itu wajah saya kok suka gatal dan agak kemerahan, itu kenapa ya dok ? Dan sabun muka yang cocok untuk saya apa yaa dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Y.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kulit wajah terasa gatal dan kemerahan kemungkinan penyebabnya bisa karena alergi. Alergi bisa terjadi pada siapa saja. Penyebab alergi bermacam-macam. Bisa karena alergi udara, bulu bintatang, debu, cuaca panas, dll.

Terkait dengan gejala yang Anda alami ini, penyebabnya adalah alergi yang disebabkan karena Anda tidak cocok dengan produk sabun scrub yang digunakan. Untuk itu, sebaiknya pemakaian sabun scrub ini Anda hentikan dulu.

Untuk mengatasi gatal dan kemerahan pada wajah Anda, yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Mengkonsumsi obat antihistamin.
  • Mengoleskan pelembap.
  • Kompres dengan es batu.
  • Menggunakan masker wajah dari bahan alami seperti lidah buaya.

Jika tidak ada perubahan, maka saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis kulit agar dapat dilihat kondisi kulit wajah Anda apakah termasuk tipe yang normal, kering, berminyak, atau kombinasi. Sehingga Anda mendapatkan sabun wajah yang cocok untuk kulit Anda. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memilih skincare untuk kulit kombinasi dengan tepat memang cukup menantang

Kiat Memilih Skincare untuk Kulit Kombinasi Agar Tidak Iritasi

Memilih skincare untuk kulit kombinasi dengan tepat memang cukup menantang. Pasalnya, kulit kombinasi adalah perpaduan kulit berminyak dan kulit kering. Maka dari itu, penting mengetahui cara memilih skincare untuk kulit kombinasi yang tepat untuk Anda.