Kenapa timbul kram sampai tidak bisa gerak?

IK Info Penanya: IK, Pria
Dok maaf mau tanya saya punya penyakin kalau kambuh ga bisa gerak ataupun jalan bahkan tangan pun ga bisa di gerakin kaya keram gitu Ituu kenapa ya kalau boleh tau. ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IK,

Keluhan sulit bergerak atau kram adalah gejala yang timbul karena beberapa penyebab seperti karena kurang asupan cairan, tekanan pada saraf akibat berdiam di satu posisi tertentu, kadar elektrolit yang rendah, kurang istirahat, kurang asupan nutrisi seperti vitamin B kompleks, terlalu banyak asupan kafein, cedera, efek obat tertentu dan penyebab lainnya.

Untuk itu perlu mencukupi kebutuhan cairan sehari-hari dengan minum air putih minimal 2 liter setiap harinya, perhatikan asupan nutrisi dengan mengonsumsi sayur dan buah lebih banyak, batasi kopi, teh, cokelat, minuman bersoda ataupun yang mengandung kafein lainnya, kelola stres, dan cukupi kebutuhan istirahat dan tidur. 

Periksakan diri pada dokter jika keluhan sering timbul berulang ataupun sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres, kafein, kurang tidur dan air putih, serta konsumsi obat tertentu merupakan penyebab kram otot

6 Penyebab Kram Otot

Kontraksi atau kram otot terjadi karena otot bergerak tanpa perintah otak. Kontraksi ini dapat berupa denyutan hingga kejang, dan lebih dikenal sebagai kram.