Kenapa timbul keputihan kental saat hamil?

FA Info Penanya: FA, Wanita, 22 Tahun
Dok saya lagi hamil tapi kok sering banget hampir tiap hari keluar keputihan tapi kentel dan lengket gitu, itu kenapa iya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi FA,

Keputihan saat hamil memang sering terjadi dimana beberapa faktor menjadi pemicunya mulai dari perubahan hormonal, perubahan pada mulut rahim, aktivitas kelamin untuk mencegah infeksi dan faktor kebersihan. 

Jika keputihan menjadi berubah warna kekuningan, kehijauan, disertai bercak darah, menimbulkan rasa gatal di vagina, ada bau yang khas, ataupun disertai nyeri saat berkemih, nyeri perut, ataupun demam maka bisa menandakan keputihan tidak normal. Penyebabnya bisa karena infeksi bakteri, jamur, atau parasit. Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter kandungan dan kebidanan untuk memberikan penanganan yang sesuai.

Gunakan pakaian yang tidak ketat, jaga kebersihan organ kelamin, keringkan dan basuh dengan baik saat buang air, dan ganti pakaian dengan rutin untuk mencegah keputihan makin bertambah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur pada vagina atau kandidiasis vagina adalah penyakit yang dialami oleh tiga dari empat wanita

Kenali Gejala Keputihan dan Penyebabnya agar Lebih Waspada

Infeksi jamur vagina menyebabkan keputihan yang sangat gatal dan dialami oleh tiga dari empat wanita. Keputihan dapat menimbulkan iritasi dan mengganggu keseharian kaum hawa. Gejala keputihan antara lain kulit merah, rasa panas dan terbakar di vagina, dan cairan putih yang kental.