Kenapa tidak haid tapi tidak ada tanda-tanda PMS?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 26 Tahun
Saya mau tanya dok.. bulan september sy haid tgl 23.. dan bulan ini sy blm ada tanda² mo haid.. apalagi dh telat 3hr. Biasanya klo sy mo haid pasti sblm nya dh ngerasain nyeri di pydara dsb.. tp ko skrg sy gk ada tanda apa².. apa kemungkinan sy hamil ??? Memang sih sy blm tespck
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FF,

Keluhan terlambat haid memang seringkali dikaitkan dengan terjadinya kehamilan. Untuk memeriksa seseorang sedang hamil atau tidak, bisa dilakukan pemeriksaan sederhana menggunakan test pack menggunakan air kencing pertama di pagi hari ketika bangun tidur, dan pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan setelah 1 minggu terlambat haid, karena pemeriksaan yang terlalu dini dapat menimbulkan hasil yang negatif palsu.

Selain kehamilan, ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang terlambat haid seperti kelelahan, stres, kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis, adanya gangguan di organ kewanitaan.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kehamilan menggunakan test pack setelah 1 minggu tidak haid. Bila hasilnya negatif dan Anda tidak haid selama 3 bulan berturut-turut maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Atau bila hasilnya positif, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan keadaan rahim Anda.

Sementara menunggu waktu pemeriksaan, lakukan pola hidup sehat dengan olahraga secara teratur dan kurangi stres, serta perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas adalah keputihan yang tipis dan berbau tidak sedap

Kenali Peradangan Vagina akibat Vaginosis Bakteri Ini

Vaginitis dapat terjadi pada setiap wanita dan membuat area kewanitaan Anda terasa tidak nyaman. Penyebab paling umum dari vaginitis adalah vaginosis bakteri. Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas, yaitu keputihan yang tipis, berwarna abu-abu atau putih susu, bau menyengat yang tak sedap. Penggunaan sabun beraroma dapat meningkatkan risiko wanita terkena vanginosis bakteri hingga menyebabkan terjadinya vaginitis.