Kenapa tiba-tiba terasa sakit di bagian bawah payudara kiri?

A Info Penanya: A, Wanita, 11 Tahun
Kenapa tiba tiba terasa sakit di bagian bawah payudara sebelah kiri?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AF

Terima kasih atas pertanyaannya.

Apakah nyeri pada payudara itu sendiri atau bagian dalam kulit di bawah payudara? Berdasarkan lokasinya, bila di payudara itu sendiri biasanya akibat radang atau infeksi payudara yang disebut mastitis. Sedangkan di bagian dalam dada kiri terdapat jantung, paru-paru dan otot dada. Selain nyeri tersebut apakah ada gejala lain seperti sesak nafas, batuk atau demam?

Gangguan jantung biasanya nyeri seperti tertindih, menyebar ke lengan kiri, leher, punggung atau ulu hati. Bila ada gangguan pencernaan seperti peningkatan asam lambung juga dapat menyebabkan nyeri, selain itu terdapat mual dan begah pada perut. Gangguan pada paru-paru biasanya ada batuk atau sesak nafas. Gangguan otot lebih terlokalisir dan bisa anda tunjuk serta bertambah nyeri bila ada pergerakan otot / tubuh. Cemas berlebih atau serangan panik juga bisa menyebabkan nyeri dada.

Untuk memastikan diagnosanya anda perlu evaluasi langsung dengan Dokter untuk mendapat terapi yang sesuai kondisi anda. Selain itu anda dapat membaca artikel tentang gejala serangan jantung yang sering terlewatkan pada wanita.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat jantung bengkak tergantung dari pemicu jantung bengkaknya, bila diakibatkan oleh serangan jantung, maka obat jantung bengkak yang diberikan akan berupa obat untuk mengatasi serangan jantung

Apa Saja Obat Jantung Bengkak yang Diberikan Dokter?

Tahukah Anda bahwa jantung bengkak bisa menjadi indikasi adanya gangguan jantung, seperti serangan jantung, gagal jantung, dan sebagainya? Namun, Anda tidak perlu khawatir karena obat jantung bengkak bisa diberikan untuk mengontrol gejala jantung bengkak yang dialami.