Kenapa testpack masih negatif?

UA Info Penanya: UA
Maaf dok saya mau tanya?Saya sudah telat haid 4 hari dok, sering juga mual2 dan muntah kalau mencium bau tak sedap selama beberapa hari belakangan ini.mudah lelah dan mood yang berubah2. Karena gejalanya seperti tanda tanda hamil saya memutuskan untuk mengetesnya. Tapi saya tespack kog belum menunjukkan garis 2. Itu kira2 kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam UAM,

Kehamilan memang seringkali ditandai dengan keluhan tidak haid,mual, muntah di pagi hari, badan terasa lemas, malas melakukan apa-apa, ingin berbaring terus, lebih sensitif dan mudah marah seperti yang Anda rasakan. Namun selain tanda-tanda kehamilan, gejala yang Anda rasakan juga bisa disebabkan oleh adanya stres yang berlebihan atau aktivitas yang terlalu padat sehingga tubuh merasa kelelahan.

Bila ada tanda-tanda kehamilan dan melakukan pemeriksaan sederhana menggunakan test pack namun hasilnya masih negatif, maka ada beberapa faktor kemungkinannya :
  1. Alat test pack sudah kadaluarsa.
  2. Pemeriksaan terlalu dini sehingga kadar hormon beta HCG belum banyak di dalam tubuh. Pemeriksaan test pack ini sebaiknya diulang 1 minggu kemudian.
  3. Minum air terlalu banyak sebelum pemeriksaan menyebabkan urin menjadi lebih encer. Sebaiknya gunakan urin di pagi hari ketika bangun tidur.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan test pack ulang 1 minggu lagi atau memeriksakan ke dokter kandungan untuk memastikannya.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.