Kenapa terlihat lebih pucat apakah anemia?

RN Info Penanya: RN, Wanita, 18 Tahun
Selamat malam dok .. Nama saya rani . Umur saya skrang 18 tahun .1 bulan terakhir ini saya merasa aneh dengan kulit saya yang berubah agak putih dari sbelumnya tapi terlihat pucat . Banyak orang bertanya apakah saya sedang sakit anemia atau tidak. saya bilang saya tidak sakit. Tetapi aku cuman mudah cape.Apakah betul saya anemia dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RN,

Anemia atau kekurangan hemoglobin ada beragam jenisnya dimana salah satu yang sering adalah akibat defisiensi atau kekurangan zat besi, kekurangan asam folat atau kekurangan vitamin B12. Untuk memastikan mengalami anemia atau tidak perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan lab darah lengkap, pemeriksaan kadar zat besi dalam darah, pemeriksaan apusan darah tepi dan lainnya sesuai kebutuhan.

Anemia sendiri dapat menimbulkan sejumlah gejala seperti:
  • Tampak pucat
  • Mudah kelelahan
  • Jantung berdebar-debar
  • Sakit kepala
  • Merasa menggigil
  • Pusing atau melayang
  • Sesak napas

Untuk itu ada baiknya memeriksakan diri pada dokter dan juga melakukan sejumlah perubahan pada pola hidup agar bisa mengendalikan anemia dan mendapat asupan nutrisi yang lebih baik agar tidak timbul keluhan yang mengganggu. Beberapa makanan yang baik untuk penderita anemia diantaranya dapat dilihat di artikel kesehatan kami di tautan ini. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anemia pada bayi baru lahir dapat menyebabkan berbagai masalah

Penyakit Anemia Sel Sabit Ternyata Dapat Diturunkan pada Bayi

Beberapa penyakit dapat diturunkan oleh orangtua pada bayinya, termasuk anemia sel sabit. Anemia sel sabit membuat sel darah merah yang harusnya berbentuk bulat menjadi seperti sabit. Anemia pada bayi dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah pembengkakan di kaki dan tangan.