Kenapa terlambat haid dan tidak ada tanda kehamilan?

R Info Penanya: R, Pria
Dok mau tanya ini kan istri saya udah telat 2 minggu ga menstruasi saya berpikiran itu hamil tapi saat ditest pack 2 kali yg pertama itu negatif yg kedua positif tapi untuk tanda kehamilan ga ada sama sekali dok kayak sering lelah itu engga ga ada flek juga engga mual juga ga pusing juga engga berat badan pun naik turun cuman punggung nya itu sakit kayak boyok gitu dok kok aneh yaa udah 2 minggu sampean telat menstruasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Tanda kehamilan adalah gejala yang bisa timbul saat perempuan karena pembuahan pada sel telur dan terjadi perubahan hormonal. Tanda kehamilan sendiri sifatnya individual, ada yang bisa merasakan ringan, lebih berat atau tidak muncul sama sekali di awal kehamilan. 

Terlambat haid sering kali dijadikan pertanda bahwa seseorang hamil tetapi ada banyak penyebab terlambat haid selain hamil. Penyebab lain yang membuat terlambat haid diantaranya adalah stres, kelelahan, gangguan hormonal, penggunaan kontrasepsi ataupun gangguan organ reproduksi. 

Untuk itu apabila sudah terlambat haid dan testpack meragukan, ada baiknya memeriksakan diri pada dokter untuk memastikan apakah hamil atau tidak dengan pemeriksaan USG. Untuk nyeri punggung sendiri bisa karena aktivitas sehari-hari. Untuk itu ada baiknya segera dipastikan dengan pemeriksaan langsung pada dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DT
29 Feb 2020, 01:04
Halo dok.. saya tidak haid selama 2bulan ini. Tapi saya test berkali-kali hasilnya tetap negatif. Saya juga tidak ada tanda-tanda kehamilan namun perut saya bagian kiri bawah sering berdenyut. Kira-kira kenapa ya dok ? Makasih
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat tes kehamilan yang paling sering digunakan adalah test pack

Berbagai Jenis Alat Tes Kehamilan yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

Test pack menjadi alat tes kehamilan yang paling sering digunakan karena keakuratannya juga yang mencapai 99 persen. Selain test pack, Anda juga dapat menggunakan alat tes kehamilan sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Benarkah bahan-bahan ini bisa digunakan?