Kenapa terkadang saat kencing ada nanah setelah pernah operasi saluran kencing?

TD Info Penanya: TD, Pria, 22 Tahun
Dok saya ingin bertanya kenapa yaa terkadang air seni saya ada nanahnya ? Dan terkadang kemaluan saya terasa panas di saluran tersebutSaya pernah sih menjalani oprasi saluran kencing tapi sudah pada tahun 2014 lalu. Terima kasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam TDD,

Batu ginjal atau batu saluran kencing disebabkan mengendapnya mineral dalam air seni sehingga membuat gangguan dan kelainan. Batu ginjal terbentuk dan dibagi menjadi beberapa penyebab yakni kalsium, asam urat, struvit dan batu sistin. Adanya batuan dalam saluran kencing dan ginjal dapat menyebabkan luka hal ini dikarenakan bentuk dan permukaan yang tajam mengenai mukosa atau lapisan saluran kencing atau sel ginjal, sehingga sering terjadi urine yang diikuti dengan darah ataupun nanah.

Gejala batu ginjal diantaranya sebagai berikut :

  1. Sering buang air kecil
  2. Saat buang air kecil terasa sakit
  3. Adanya darah saat buang air kecil.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah batu ginjal :

  1. Sering minum air putih, dengan sering konsumsi air bisa mengikis batu ginjal atau saluran kemih.
  2. Hindari kebiasaan suka menahan kencing, semakin sering menahan kencing maka resiko terbentuknya batu ginjal lebih besar.
  3. Kurangi konsumsi kafein dan garam.

Sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter spesialis Urologi agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. Bersama ini saya sertakan artikel Pengobatan alami untuk batu ginjal untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kencing sakit bisa menjadi pertanda infeksi pada saluran kemih maupun penyakit lainnya

Kencing Sakit Belum Tentu Akibat Infeksi Saluran Kemih

Selain infeksi saluran kemih, keluhan kencing sakit juga bisa disebabkan oleh masalah di organ-organ lain, seperti kandung kemih dan prostat. Jika mengalami sakit saat buang air kecil, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter penyebabnya supaya lekas diketahui dan ditangani sebelum bertambah parah.