Kenapa terasa sakit di kepala belakang?

NP Info Penanya: NP, Wanita, 24 Tahun
Dok usia saya 25 th sudah 1 minggu kepala belakang saya sakit sampai leher apalagi ketika bergerak dan menunduk semakin berdenyut" rasanya, bagai mana cara mengatasinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NP,

Sakit di kepala bagian belakang adalah gejala yang bisa disebabkan oleh beragam penyebab mulai dari ketegangan otot di sekitar leher belakang dan bahu, sakit kepala tipe tegang, migrain, radang sendi, gangguan tulang belakang dan lainnya. Kondisi ini bisa dipicu oleh beberapa penyebab seperti salah satunya adalah postur tubuh yang kurang baik saat melakukan aktivitas, terlambat makan, istirahat yang kurang baik, kurang aktivitas fisik, ataupun dipicu kondisi lain seperti misalnya adanya trauma atau benturan pada area yang nyeri, penyakit sendi dan lainnya.

Untuk mengatasinya perlu perhatikan apa yang menjadi pemicunya, perbaiki posisi tubuh baik saat duduk, berdiri ataupun tidur, lakukan peregangan terutama di area bahu dan leher, perbanyak minum air putih, lakukan massage atau pijatan ringan, konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol, dan juga periksakan diri pada dokter jika keluhan tidak juga membaik.

Apabila ada keluhan sakit kepala hebat, mual, muntah, sulit untuk menggerakan sendi maka perlu segera diberikan penanganan agar tidak memicu keluhan yang lebih berat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga seperti yoga mampu mengatasi migrain

Ingin Mengatasi Migrain? Coba Lakukan 4 Jenis Olahraga Ini

Migrain umumnya akan diikuti oleh berbagai gejala lain, seperti mual dan muntah. Untuk meredakannya, ada berbagai gerakan olahraga yang dapat dilakukan untuk mengatasi migrain. Apa saja?