Kenapa terasa kram di bawah pusar?

RJ Info Penanya: RJ
Selamat malam dokter...Saya mau bertanya..Kenapa yaa perut saya terasa kram atau nyeri gt d bawah pusat..Dan juga apakah saya hamil dok...Krna slma 5 tahun kami menikah blm mempunyai momongan...Mohon jawaban nya dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RJ,

Kram di bawah pusar adalah kondisi yang bisa timbul karena beragam penyebab terutama pada wanita. Penyebab kram di perut bawah pusar sendiri seperti infeksi saluran kemih, konstipasi atau sembelit, iritasi pada usus, kram pada otot perut, kram karena menstruasi, gangguan pada organ reproduksi dan beragam penyebab lainnya. Untuk itu perlu diperhatikan gejala lain yang timbul seperti misalnya gangguan saat buang air kecil, mual, muntah, nyeri perut, terlambat haid ataupun informasi lain yang bisa membantu dokter menentukan penyebabnya.

Jika sudah 5 tahun belum juga hamil maka perlu dilakukan pemeriksaan kesuburan pada dokter  kandungan untuk wanita dan dokter andrologi untuk suami agar diketahui apa yang menjadi masalah sehingga belum juga hamil. Jika saat ini keluhan kram timbul disertai adanya flek, terlambat menstruasi, rasa tidak nyaman pada payudara, merasa mual di pagi hari maka bisa juga dilakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan testpack.

Tetapi jika keluhan tidak juga berkurang dan hasil testpack negatif maka pastikan penyebabnya pada dokter untuk mencari tahu pemicunya. Redakan gejala dengan mengompres bagian yang kram dengan kompres hangat dan hindari sembarangan minum obat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering kentut bisa menjadi gejala dari adanya gangguan pencernaan tertentu

8 Kondisi yang Menyebabkan Sering Kentut dan Cara Mengatasinya

Kentut adalah hal yang normal karena merupakan bagian dari berjalannya proses pencernaan. Akan tetapi, sering kentut bukan saja menimbulkan ketidaknyamanan. Kondisi ini juga bisa jadi pertanda dari gangguan pencernaan tertentu.