Kenapa tenggorokan seperti ada yang mengganjal?

FM Info Penanya: FM, Wanita, 25 Tahun
Dok mau tanya sdh hampir 2 minggu dari setelah sya demam... Smpai sekarng msh batuk dan flu... Skrg jd tambah lagi dengan ditenggorokan semacam ada yg mengganjal... Itu kira" kenpa ya dok???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FM,

Demam adalah merupakan gejala yang timbul salah satunya ketika tubuh sedang mengalami infeksi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beragam penyebab mulai dari infeksi bakteri, virus atau parasit pada organ seperti saluran pernapasan, saluran pencernaan saluran kemih dan penyebab lainnya.

Rasa menggangjal pada tenggorokan, batuk dan flu dapat merupakan gejala yang timbul karena infeksi saluran napas, radang pita suara, radang tenggorokan, radang amandel, sinusitis dan beragam penyebab lainnya. Untuk itu jika sudah timbul keluhan kurang lebih 2 minggu maka perlu diperiksakan pada dokter atau dokter THT dimana akan dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, foto rontgen ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Perbanyak minum air putih, cukup beristirahat, hindari makanan yang memicu batuk seperti makanan berminyak, gunakan masker jika bepergian dan juga nantinya dokter akan memberikan obat sesuai penyebabnya dimana jika terjadi peradangan atau infeksi akan diberikan obat antiradang dan obat antibiotik jika penyebabnya adalah infeksi bakteri. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

PT
20 Nov 2019, 08:11
Selamat pagi dok.tenggorokan bagian bawah seperti ada yang mengganjal, apalagi kalau berkendaraan, baik itu berkendaraan motor maupun mobil, terkadang kalau sedang berkendara selain mengganjal juga dengan batuk.dan ketika pagi hari selepas bangun tidur produksi dahak sangat banyak. seperti ini sudah dialami selama berbulan bulan mohon pencerahannya dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berkumur air garam dapat dijadikan sebagai cara mengatasi batuk kering yang mengganggu

7 Cara Mengatasi Batuk Kering dengan Bahan Alami

Cara mengatasi batuk kering tidak harus selalu menggunakan obat di apotek, terdapat beberapa alternatif dengan bahan alami yang dapat digunakan. Salah satunya berkumur menggunakan air garam juga dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi batuk kering.