Kenapa tenggorokan sakit dan keluar dahak bercampur darah?

A Info Penanya: A, Wanita
Dok .. tenggorokan sy sakit n mengeluarkan dahak bercampur darah tapi tidak batuk .. badan saya lemas kepala sdkit pusing .. itu knapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Adanya dahak bercampur darah adalah tanda gangguan pada saluran pernapasan mulai karena adanya iritasi dan luka pada saluran pernapasan atas, radang tenggorokan, adanya mimisan di hidung, infeksi pada saluran pernapasan, batuk berkepanjangan dan lainnya.

Untuk itu perlu diperhatikan jika ada dahak bercampur darah yang disertai gejala seperti batuk lebih dari 3 minggu, keringat malam hari, sesak napas, pembesaran kelenjar getah bening, demam tanpa sebab jelas, penurunan nafsu makan dan berat badan maka perlu untuk segera diperiksakan pada dokter agar diketahui penyebabnya.

Upayakan perbanyak minum air putih, bahan alami seperti madu, jahe hangat, mengonsumsi nanas, dan berkumur air garam untuk membantu menghilangkan dahak. Nantinya jika masih berulang akan dilakukan pemeriksaan seperti tes sampel dahak, pemeriksaan lab darah, ataupun foto rontgen untuk memastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh A
07 Nov 2019, 00:22
Sy sdh foto rontgen dok tp dokter nya blg sy bronkitis n tdk ada obatnya.. n paru2 sy tdk brmasalah ..Sy bingung dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bronkiektasis dapat menimbulkan penumpukan lendir dan membuat saluran udara tersumbat

Mengenal Bronkiektasis dan Penyebab Batuk Berdahak Lainnya

Bronkiektasis terjadi ketika dinding saluran udara (bronkus) rusak, menebal, dan melebar akibat peradangan kronis atau infeksi sehingga mengakibatkan penumpukan lendir. Kondisi ini dapat menyebabkan batuk berdahak jangka panjang. Selain itu, terdapat penyebab batuk berdahak lainnya seperti, asma, bronkitis kronis,dll.