Kenapa telinga saya sakit dan gatal ?

AR Info Penanya: AR, Pria
Kenapa telinga saya sakit dan gatal ? Apa boleh sedot kotoran telinga ke puskesmas jika boleh biayanya berapa ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, AR

Berikut adalah beberapa penyebab telingan nyeri dan gatal:

  1. Infeksi telinga. Infeksi telinga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri yang masuk saat Anda berenang, atau luka garukan, gesekan karena penggunaan headphone, atau penggunaan cotton bud.
  2. Serumen prop, yaitu penumpukan kotoran dalam telinga.
  3. Radang kulit di dalam saluran telinga
  4. Reaksi alergi terhadap benda asing seperti penggunaan produk kecantikan atau perhiasan.
  5. Psoriasis, masalah kulit yang menyebabkan ruam merah pada kulit termasuk didalam telinga.

Penanganaan yang dapat Anda lakukan adalah hindari penggunaan cotton bud utk membersihkan telinga karena akan mendorong kotoran semakin masuk kedalam. Gunakan penutup tellinga jika Anda cukup sering berenang.

Tentu saja Anda dapat memeriksakan telinga ke puskesmas, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menentukan penanganan yang diperlukan. Untuk biaya disesuaikan dengan tindakan yang diperlukan untuk terapi.

Salam sehat,

dr. Jolinda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.