Kenapa telinga berdenging sampai vertigo?

VR Info Penanya: VR, Wanita
Telinga mendenging sampao vertigo
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang VR,

Vertigo adalah gangguan yang menimbulkan keluhan pusing berputar, kepala seperti melayang, dan badan seperti tidak seimbang ingin jatuh, mual, muntah, selain itu bisa disertai dengan keluhan telinga berdenging, dan mata berkunang-kunang. Vertigo hanyalah gejala dari suatu penyakit, dan penyakit-penyakit yang dapat menimbulkan vertigo bisa dibedakan berdasarkan apakah vertigo perifer atau vertigo sentral. Pada vertigo perifer keluhan pusing berputar dirasakan mendadak, disertai mual muntah yang hebat, dan telinga berdenging akibat penyakit seperti BPPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo), penyakit meniere, vestibular neuritis, kolesteatoma. Sedangkan pada vertigo sentral maka akan muncul keluhan pusing berputar yang tidak terlalu berat namun berlangsung lama akibat ada masalah di dalam otak seperti stroke, cedera kepala, tumor otak, multipel sklerosis. 

Penanganan terhadap vertigo sendiri dapat berupa :
  1. Hindari perubahan gerakan yang mendadak.
  2. Tutup mata untuk mengurangi perasaan berputar.
  3. Hindari konsumsi alkohol, minuman berkafein.
  4. Segera obati bila ada masalah di telinga.
  5. Minum jahe hangat.
  6. Hindari makanan berlemak.

Bila keluhan pusing berputar disertai dengan muntah-muntah hingga lemas, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter saraf untuk penanganan lebih lanjut seperti manuver Epley.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak ciri-ciri tumor otak yang harus diwaspadai, mulai dari sakit kepala, kejang, hingga perubahan mood

Sudahkah Anda Kenal dengan Ciri-ciri Tumor Otak Berikut Ini?

Tumor otak dapat membuat Anda menunjukkan ciri-ciri dan gejala tertentu. Ciri-ciri tersebut, bisa bersifat umum maupun spesifik, tergantung pada lokasi pertumbuhan tumor. Kenali ciri-ciri tumor otak berikut ini, karena deteksi dini sangat berarti untuk penanganan yang tepat.