Kenapa telinga belakang tiba-tiba mengelupas?

TA Info Penanya: TA, Pria
Dok mau tanya,, di daun telingan bagian belakang saya tiba" kulit ngelupas/melepuh awal nya kecil tp lama" jd melebar dok,, itu knp ya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TA,

Adanya ruam di telinga adalah gangguan yang bisa disebabkan karena beberapa penyebab seperti misalnya infeksi kulit, iritasi kulit karena penggunaan kacamata, terkena bahan tertentu seperti perhiasan, produk perawatan, radang telinga luar dan penyebab lainnya. Untuk itu upayakan agar tetap bersih dan kering dan hindari banyak menyentuh atau menggaruknya agar tidak semakin iritasi.

Periksakan pada dokter agar diberikan penanganan yang tepat sesuai penyebabnya.

Dimana jika penyebabnya adalah infeksi bakteri akan diberikan obat antibiotik baik minum atau oles ataupun jika penyebabnya adalah peradangan maka akan diberikan obat salep anti peradangan. Upayakan mengeringkan area tersebut begitu selesai mandi dan lepaskan atau hindari penggunaan perhiasan sampai benar-benar sembuh. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dermatitis seboroik ditandai kekuningan pada kepala bayi

Hindari Komplikasi, Begini Cara Menangani Dermatitis Seboroik pada Bayi

Dermatitis seboroik pada bayi menimbulkan gatal atau rasa sakit yang mengganggu bayi. Pengobatan kerak kepala pada bayi yaitu mengoleskan minyak zaitun atau petroleum jelly, keramasi bayi.