Kenapa telapak tangan sering berkeringat dan kadang kering sekali?

RD Info Penanya: RD, Wanita, 2019 Tahun
Mengapa telapak tangan saya selalu berkeringat yang berlebih, kadang kering sekali tidak pernah normal
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RDG

Kadar keringat normal tiap orang tidak sama. Ada kemungkinan faktor genetik juga berperan sehingga telapak tangan anda ciri khasnya lebih sering berkeringat atau menjadi kering. Bila problemnya hanya di telapak tangan atau bersifat lokal dan tidak diseluruh tubuh, biasanya hal tersebut tidak berbahaya dan anda tidak perlu khawatir. Kecuali anda berkeringat hampir di seluruh tubuh pada waktu bersamaan. Karena bisa menandakan suatu infeksi atau gangguan klinis yang lebih serius.

Faktor klinis lain seperti kadar hormon. Hormon tiroid bila terlalu banyak bisa berkeringat, berdebar-debar dan pusing. Pada wanita kadar hormon kandungan juga berubah-ubah sesuai siklus haidnya atau misalnya sedang dalam kondisi hamil. Kemudian faktor psikis seperti kecemasan atau kurang istirahat juga bisa berefek pada kelenjar keringat sehingga mengeluarkan keringat lebih banyak. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.