Kenapa telapak tangan dan kaki kuning?

WS Info Penanya: WS, Wanita, 34 Tahun
Aslmkum.wr.wb. Dokter saya sudah sebulan kena gerd.. sejak itu koq kulit saya jadi seperti warna kuning yaa..Kayak telapak tangan dan kaki terlihat jelas warnanya kuning..Mohon penjelasannya dokter.. apakah memang seperti itu.. Terima kasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore WS,

GERD merupakan kelainan akibat asam lambung yang naik ke tenggorokan dan menimbulkan iritasi di tenggorokan yang seringkali bergejala seperti dada sesak, panas, tenggorokan terasa asam, mual, nyeri ulu hati.

Sedangkan telapak tangan dan kaki yang berwarna kuning merupakan pertanda adanya kelainan di organ hati, atau adanya sumbatan yang menyebabkan bilirubin tidak dapat dikeluarkan ke usus atau adanya proses pemecahan sel darah merah yang terlalu cepat.

Kelainan-kelainan itu dapat berupa :
  1. Hepatitis.
  2. Sirosis hati.
  3. Anemia hemolitik.
  4. Thalasemia.
  5. Batu kandung empedu.
  6. Pankreatitis.
  7. Kebiasaan mengonsumsi alkohol.

Beberapa kelainan di atas seperti hepatitis, batu kandung empedu, pankreatitis dapat menimbulkan keluhan mual, muntah. Sehingga ada kemungkinan gejala GERD yang Anda rasakan merupakan gejala awal dari kelainan hepatitis, batu kandung empedu, atau pankreatitis.

Untuk memastikan penyebabnya, maka Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut berupa USG perut. Selain itu Anda perlu menghindari makanan berlemak, pedas, asam, alkohol agar keluhan tidak semakin memberat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit hepatitis B memang berbahaya, tapi terkadang tidak menimbulkan gejala

Kenali Gejala Hepatitis B dan Cegah Penularannya

Hepatitis B merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus. Meski merupakan jenis penyakit yang berbahaya, Gejala hepatitis B umumnya baru akan muncul, satu hingga empat bulan setelah infeksi terjadi.