Kenapa tekanan darah normal 120/80?

I Info Penanya: I
Hai dok, mau tanya nih. Minta tolong jelasin “mengapa tekanan darah normal 120/80?” Terimakasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IM,

Tekanan darah adalah terdiri dari tekanan sistolik yaitu tekanan ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh dan tekanan diastolik ketika kembali masuk kedalam jantung. Tekanan darah sendiri dinilai dengan pemeriksaan menggunakan tensimeter atau alat pengukur tekanan darah dimana pedoman yang digunakan terutama untuk tekanan darah tinggi adalah pedoman yang dikeluarkan oleh Joint National Commitee edisi terbaru (saat ini JNC 8) dimana melalui penelitian didapatkan rentang tensi normal adalah tekanan sistolik (angka atas atau awal) antara 90-120 mmHg dan tekanan diastolik (angka bawah atau per) antara 60-90 mmHg.

Jadi tidak selalu hanya yang 120/80 yang dikatakan normal jadi bisa bervariasi  seperti misalnya 110/70 mmHg, 120/70 mmHg dan lainnya. Kriteria tekanan darah normal juga dipengaruhi oleh usia dan riwayat kesehatan misalnya jika memiliki diabetes atau gangguan ginjal seperti gagal ginjal. Tekanan darah sendiri juga bisa fluktuatif dipengaruhi oleh banyak faktor seperti kondisi kesehatan, asupan makanan atau minuman, faktor psikis dan aktivitas fisik. Jadi ada baiknya melakukan pemeriksaan dalam keadaan tenang dan bisa diulangi 2 kali. Apabila dalam 2 kali pemeriksaan dalam waktu berbeda didapatkan tekanan darah yang tidak normal seperti misalnya hipertensi maka perlu dilakukan penanganan oleh dokter dapat berupa perubahan gaya hidup, diet khusus dan pengobatan.

Untuk menjaga tekanan darah tetap normal bisa dilakukan beragam cara seperti menjaga berat badan ideal, istirahat dan tidur dengan cukup, lakukan aktivitas fisik secara teratur seperti berolahraga teratur, jaga asupan makanan dan minuman terutama asupan garam, kelola stres dengan baik dan kelola penyakit apabila memiliki riwayat sakit tertentu. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil perlu mengonsumsi serat dari buah dan sayur untuk mencegah kolesterol tinggi saat hamil

Kolesterol pada Ibu Hamil Memang Rentan Lebih Tinggi, Ini Sebabnya

Kolesterol pada ibu hamil bisa naik 25-50% terutama pada trimester kedua dan ketiga. Namun, jangan sembarangan mengonsumsi obat penurun kolesterol tanpa berkonsultasi dengan dokter kandungan.