Kenapa tangan keriput ketika lama terkena air?

HS Info Penanya: HS, Pria, 22 Tahun
Mau nanya, dok. Tangan saya sering terlihat keriput ketika lama terkena air (misalnya ketika selesai mencuci piring). Ada apa dengan tangan saya? Apa solusinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HS,

Ujung-ujung jari tangan yang keriput setelah terkena air dalam jangka waktu yang lama seperti ketika mencuci piring, mencuci baju, atau berenang merupakan hal yang sangat wajar terjadi pada setiap orang, Anda tidak perlu merasa cemas secara berlebihan akan adanya gangguan pada tangan Anda.

Kulit memiliki banyak lapisan-lapisan (7 lapisan), yang salah satunya disebut dengan stratum korneum. Pada kulit jari-jari tangan atau kaki, stratum korneum ini lebih tebal dibanding dengan kulit pada bagian tubuh yang lainnya. Ketika ujung-ujung jari tangan atau kaki bersinggungan dengan air dalam jangka waktu yang lama, maka lapisan ini akan menyerap air dan menjadi lebih lebar sehingga akan tampak keriput dan bergelombang.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat menggunakan sarung tangan karet agar tangan Anda tidak terendam air dan sabun cuci piring yang bisa menimbulkan iritasi bila kulit Anda sensitif.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tangan keriput yang belum pada waktunya bisa jadi terjadi karena tangan terpapar sinar UV

Bagaimana Agar Tangan Tidak Keriput? Kenali Pemicu dan Pencegahanya!

Tangan adalah bagian tubuh yang rentan kehilangan kelembapannya. Seiring dengan penuaan, elastisitas kulit berkurang dan menyebabkan tangan keriput. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan memberikan tabir surya atau sunscreen agar kelembapan kulit dan kolagen kulit terjaga.