Kenapa tangan dan kaki terasa gemetar apa berhubungan dengan ?

CM Info Penanya: CM, Wanita, 2019 Tahun
Halo dokter, jam 3 pagi, saya merasa kalau kedua kaki dan betis, serta kedua tangan dan lengan saya gemetar dan mati rasa. Sebagai tambahan, saya Hyperthyroid dan menderita Tachycardia. Apa ini berbahaya? Apa ada hubungannya dengan Thyroid saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

selamat pagi CM,

Tangan dan kaki yang gemetar adalah salah satu gejala yang bisa timbul karena gangguan hormon tiroid dimana kondisi ini disebut dengan tremor. Selain tremor gejala lain yang bisa timbul adalah jantung yang berdebar cepat atau disebut dengan takikardia, penurunan berat badan, siklus menstruasi yang tidak teratur, benjolan di leher dan lainnya.

Jadi keluhan yang dirasakan bisa berkaitan dengan kondisi hipertiroid yang dialami. Untuk mengatasinya perlu mengonsumsi obat yang digunakan untuk menahan kadar hormon tiroid agar tidak berlebih ataupun dengan tindakan untuk mengangkat kelenjar tiroid dan nantinya akan digantikan dengan obat untuk menghasilkan hormon tiroid yang diperlukan tubuh.

Lakukan pemeriksaan pada dokter penyakit dalam secara berkala dan juga jaga asupan makanan agar mencegah keluhan tiroid menjadi lebih sering kambuh dan semakin berat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat garam untuk rambut adalah mengatasi rambut kering

Sudah Tahu Manfaat Garam untuk Rambut Berkilau dan Lebat?

Kekurangan yodium dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan rambut. Manfaat garam untuk rambut ternyata bisa mengatasi masalah-seperti rambut rontok, kurang berkilau, dan kurang lebat.