Kenapa tangan dan kaki sering berkeringat, apa penyebabnya?

GS Info Penanya: GS, Wanita, 2019 Tahun
kenapa tangan dan kaki saya berkeringat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, GS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Jadi keringat normal tiap orang tidak sama dan bersifat relatif. Yang paling mempengaruhi adalah faktor genetik. Kalau dari gejala anda bersifat lokal dan tidak diseluruh tubuh. Jadi kemungkinannya tidak berbahaya dan tidak perlu terlalu khawatir. Beberapa faktor yang menyebabkannya adalah kadar hormon. Hormon yang perlu diperiksa seperti hormon tiroid, karena bila terlalu tinggi bisa mengakibatkan berkeringat, berdebar-debar dan pusing. Selain itu pada wanita juga dipengaruhi hormon dari organ kandungan. Hormon tersebut bisa berubah-ubah kadarnya tergantung dari siklus haidnya atau misalnya dalam kondisi sedang hamil. Faktor psikis anda juga berperan seperti terlalu cemas, stres atau anda sedang lelah secara fisik dan mental. 

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, dapat konsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam terutama yang memilki keahlian di bidang Endokrin dan Metabolisme. Anda akan dilakukan pemeriksaan laboratorium darah dan USG bila diperlukan. Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ginekomastia adalah kondisi membesarnya payudara pada pria yang dapat dipicu oleh obat-obatan tertentu

Ginekomastia Adalah Kondisi yang Dialami Semua Pria?

Ginekomastia adalah kondisi membesarnya payudara pada pria. Beberapa faktor risiko yang memicu perkembangan ginekomastia, antara lain penggunaan narkotika dan penggunaan obat tertentu.