Kenapa susah kencing?

ER Info Penanya: ER, Wanita, 20 Tahun
Selamat malam dok..Saya mau konsultasi Paman saya sakit perut dan susah buang besar dan berobat ke dokter setelah berobat lancar BAB tapi susah buang air kecil. Sudah dua hari paman saya tidak buang air kecil dan perut bagian bawahnya sakit sampe ke pinggang dan muntah.Itu kenapa ya dok dan obatnya apa.Terimakasih dok Selamat malam
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ERR,

Keluhan susah atau tidak bisa kencing bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  1. Infeksi saluran kemih. Infeksi bakteri akan menyebabkan keluhan nyeri saat BAK, BAK seperti tidak tuntas, ingin kencing terus, nyeri pada perut bagian bawah.
  2. Batu ginjal. Besar kecilnya ukuran batu akan menentukan keluhan yang muncul. Adanya batu di saluran kencing akan menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa nyeri, air seni bercampur dengan darah, nyeri pinggang.
  3. Pembesaran prostat. Hal ini terjadi pada usia tua dimana pembesaran prostat ini akan menjepit saluran kencing sehingga ada kesulitan BAK seperti harus mengejan dan tersendat-sendat, BAK dengan air seni yang menetes.

Pada kasus paman Anda belum diketahui secara jelas apa penyebab susah kencing tersebut, maka karena ada keluhan susah BAK selama 2 hari, nyeri perut hingga muntah, sebaiknya Anda segera memeriksakan paman Anda ke dokter agar penanganannya tidak sampai tertunda dan mendapat pengobatan yang sesuai.

Sementara untuk membantu mengurangi nyeri dapat dikompres menggunakan air hangat di bagian pinggang yang nyeri.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa enggan pipis di toilet umum bisa jadi salah satu pemicu susah buang air kecil

Penyebab Susah Buang Air Kecil: Dari Penyakit Hingga Obat-obatan

Susah buang air kecil tak hanya meliputi sulit memulai pengeluaran urine, tapi juga kesulitan dalam mempertahankan aliran urine. Gangguan ini biasa dialami kelompok lanjut usia, namun juga bisa terjadi pada pria dan wanita dari semua usia. Contohnya sebagai gejala dari berbagai kondisi medis.