Kenapa suka nyeri dada kiri?

WH Info Penanya: WH, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya knp si kadang kadang suka nyeri dada sebelah kiri
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang W,

Nyeri dada kiri adalah rasa sakit di daerah dada seperti nyeri biasa, perasaan tidak nyaman sampai rasa sakit seperti ditusuk. Nyeri dada kiri dapat disebabkan karena adanya kelainan pada bagian:

1. Jantung seperti penyumbatan pembuluh darah, otot jantung lemah, radang pada otot jantung dan membran, robeknya lapisan dalam pembuluh nadi terbesar.

2. Paru seperti penyumbatan pembuluh darah di paru-paru, radang selaput pembungkus paru-paru, tekanan tinggi pada pembuluh darah di paru.

3. Sistem pencernaan seperti penyakit asam lambung, batu empedu, radang kantung empedu dan peradangan pankreas.

4. Otot seperti radang pada tulang rawan atau patah tulang rusuk.

Langkah-langkah perawatan yang bisa dilakukan dirumah sekarang adalah mengubah pola makan, seperti mengurangi makanan pedas, asam, kopi, rokok dan makan yang teratur.

Tatalaksana lain tergantung penyebab, maka dari itu disarankan untuk ke dokter agar dicari tahu penyebab yang pasti.

Beberapa kondisi ini berbahaya jika disebabkan oleh jantung. Untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat, segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti rekam jantung, rontgen dada, ekokardiografi, ct-scan jika diperlukan.

Jika nyeri dada tersebut sampai menjalar ke leher, lengan dan menembus hingga ke belakang serta disertai sesak, keringat dingin, mual muntah dan jantung berdebar, segera datang ke rumah sakit.

Semoga bermanfaat,

dr. Sylvi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orang yang terbiasa bangun pagi, cenderung lebih sehat secara fisik, maupun mental.

Rajin Bangun Pagi Dapat Mengurangi Resiko Depresi? Ini Penjelasannya!

Bagi Anda yang rajin bangun pagi, berbahagialah. Berdasarkan penelitian, manfaat bangun pagi bisa Anda dapatkan baik secara fisik maupun mental. Dengan bangun lebih awal, risiko Anda untuk terkena depresi dapat berkurang.