Kenapa sudah imunisasi masih kena campak?

NN Info Penanya: NN, Pria
Tanya dok.. anak saya umur 4,5.. imunisasi udah lengkap kok msh kena campak..?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NN,

Campak adalah infeksi virus golongan Paramixovirus yang bisa menimbulkan gejala seperti ruam di tubuh mulai dari wajah lalu meluas ke badan dan anggota gerak, dan gejala utama yaitu batuk (cough), mata merah (conjunctivitis), hidung berair (coryza) atau dikenal dengan 3 C campak, selain itu juga menimbulkan gejala seperti demam, sakit tenggorokan, dan rasa gatal.

Jika anak sudah dilakukan imunisasi lengkap dimana diberikan vaksin campak di usia 9 bulan maka kadarnya dapat menurun sehingga perlu kembali diberikan booster dua kali di usia 18 bulan dan di usia 5-7 tahun. Selain itu faktor lain juga bisa berpengaruh seperti daya tahan tubuh anak yang sedang menurun saat ada anak lain yang mengalami campak sehingga bisa tertular.

Tidak perlu khawatir karena campak termasuk penyakit yang dapat membaik dalam 7-10 hari dan ada baiknya untuk tidak berinteraksi dengan anak lain selama masa tersebut agar tidak menimbulkan penularan. Penanganan sendiri diberikan untuk meredakan gejala seperti demam, gatal, ataupun gejala lain yang timbul. Lakukan kontrol berkala pada dokter atau dokter anak untuk memonitor kondisi anak Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tetanus neonatorum sering terjadi di negara berkembang akibat persalinan yang kurang steril.

Apa Saja Gejala Tetanus pada Bayi?

Tetanus pada bayi umumnya terjadi akibat proses persalinan yang kurang steril dan ibu yang tidak mendapat vaksin tetanus saat proses kehamilan. Toksin bakteri tetanus banyak ditemukan di tanah dan dapat bertahan selama kurang lebih 40 tahun. Upaya pencegahan yang disarankan adalah pemberian vaksin tetanus pertama saat bayi berusia 6 minggu. Kenali gejala-gejala tetanus sebagai antisipasi.