Kenapa sudah dua bulan tidak haid?

KK Info Penanya: KK, Wanita
Hampir dua bulan tidak haid, sudah minum jamu pelancar haid tapi belum haid juga kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KK,

Penyebab telat haid adalah diantaranya gangguan hormonal, stres, kehamilan, penggunaan alat KB, penggunaan obat tertentu, gangguan tiroid, dan lainnya. Jika sudah dua bulan tidak haid perlu diperhatikan apakah ada faktor seperti gaya hidup sehari-hari yang menjadi pemicunya seperti stres, kurang istirahat, penggunaan produk seperti obat jerawat dan lainnya yang bisa memicu telat haid.

Jika nantinya sampai 3 bulan atau lebih dari 90 hari masih belum juga datang haid maka perlu dipastikan dengan memeriksakan diri pada dokter karena dapat mungkin timbul karena gangguan pada organ reproduksi seperti misalnya adanya kista pada indung telur, adanya pertumbuhan jaringan rahim yang tidak normal dan lainnya. Nantinya juga dokter spesialis kandungan dan kebidanan bisa memberikan obat hormonal untuk membuat kembali haid dan mengatasi pemicunya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.