Kenapa sistem kekebalan tubuh bisa naik?

IC Info Penanya: IC, Pria, 35 Tahun
Dok mengapa sistem kekebalan tubuh bisa naik y. Apa penyebab dan bahayanya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IC,

Sistem kekebalan tubuh adalah suatu sistem pada tubuh yang bekerja untuk memerangi dan menjaga tubuh ketika ada penyakit ataupun kondisi yang mencoba menimbulkan gangguan kesehatan pada tubuh.

Beberapa organ menjadi bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh seperti kelenjar timus, sel darah putih, dan organ lain yang menjadi pintu gerbang masuknya faktor luar yang bisa memicu gangguan kesehatan seperti melalui kulit, saluran pernapasan, atau saluran pencernaan. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bisa dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan juga menjaga kebugaran tubuh dengan cukup beristirahat, sehat mental dan juga rutin berolahraga.

Tetapi akan timbul masalah jika sistem kekebalan tubuh meningkat dan salah mengenali ancaman pada tubuh. Jika terjadi kesalahan identifikasi oleh sistem kekebalan tubuh yang justru menyerang sel-sel sehat di dalam tubuh hal ini disebut dengan penyakit autoimun. Contohnya sendiri seperti penyakit lupus, rheumatoid arthritis, multiple sclerosis, psoriasis, dan lainnya. Penyebabnya sendiri tidak diketahui pasti tetapi faktor genetik menjadi salah satu faktor yang berpengaruh. Jadi jika mengelami kondisi gangguan kesehatan yang tidak umum segera periksakan diri pada dokter untuk memastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri penyakit autoimun ialah tidak bisa disembuhkan, namun gejalanya bisa diringankan dengan pengobatan dan perawatan. (Sumber foto: Instagram @ashanty_ash)

Seperti Apa Ciri-ciri Penyakit Autoimun yang Diderita Ashanty?

Baru-baru ini, Ashanty curhat tentang penyakit autoimun yang dialaminya. Sebenarnya, seperti apa penyakit autoimun? Apakah kondisi ini bisa disembuhkan? Berikut ini ciri-ciri penyakit autoimun yang harus Anda waspadai.