23 Jun 2021, 15:03Kandungan

Kenapa setiap lagi masa subur suka keluar keputihan bening ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Dokter, kenapa setiap lagi masa subur suka keluar keputihan bening?
213 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, Sl.Masa subur sangat penting bagi wanita dan pasangan yang akan merencanakan program hamil. Berhubungan tepat saat masa subur atau menjelang masa subur, membuat peluang terjadinya pembuahan dan kehamilan lebih besar.

Bagaimana cara mengitung masa subur seorang wanita ?

Cara mengitung masa subur seorang wanita, dengan melihat siklus haid selama 8 bulan terakhir. Jika Anda haid dengan teratur setiap bulan, selama 28 hari sekali, maka masa subur sekitar 10 hingga 14 hari dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Namun ini tidak berlaku bagi wanita dengan siklus haid tidak teratur. Sehingga perlu dihitung siklus haid terpanjang dan siklus haid terpendek untuk mengetahui masa subur. Selain itu, masa subur juga dapat diprediksi dengan alat ovulasi yang menyerupai test pack.

Apakah masa subur ditandai dengan keputihan bening ?

Beberapa gejala yang dapat dirasakan wanita saat sedang dalam masa subur antara lain :
  • Gairah seksual meningkat.
  • Badan teraba hangat.
  • Keluar keputihan bening seperti putih telur mentah, tanpa rasa gatal dan bau. Keputihan disebabkan oleh pengaruh hormon. 
Selain berhubungan saat masa subur, Anda dan pasangan harus menjalani hidup sehat, menjaga berat badan stabil, konsumsi makanan bergizi, perbanyak makan buah dan sayur, olahraga rutin, tidak merokok dan menjauhi asap rokok. Jika pernikahan sudah 1 tahun lebih dengan menjalani pola hidup sehat, tanpa alat kontrasepsi, berhubungan secara teratur, Anda dan pasangan belum kunjung dikaruniai anak, maka lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
merencanakan kehamilanmasa suburtes kesuburan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil