Kenapa setelah suntik kb tidak menstruasi?

Y Info Penanya: Y
Pagi dok... Saya baru mencoba kb suntik 3bln..udah 2x suntik, saya selama 5 bulan ini gak ada haid tapi baru2 ini saya kok bngun pagi pas mau bung air kecil trus ngebasuh malah ada darah sama lendir tapi dikit aja dok.. Trus di celana dalam saya ada darah sedikit.. Itu kenapa yaa dok??? Apa itu haid?? Trus gak papa aja kah dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Y,

Hormon estrogen dan progesteron mempunyai fungsi penting dalam sistem reproduksi wanita sebagai pengatur kehamilan dan dalm sikus menstruasi. Pada saat ovulasi sel telur yang dihasilkan kandung telur berkumpul di rahim dan mengendap di lapisan endometrium, jika tidak ada pembuahan oleh sel sperma maka sel telur akan terdegradasi dan keluar bersama darah haid.

Dalam kontrasepsi yakni suntik kb terdapat kedua hormon tadi sehigga membuat perubahan baik kualitas atau kuantitasnya. Oleh karena itu, mempengaruhi siklus mens. 

Berikut ini efek dari suntik kb diantaranya :

  • Adanya rasa panas atau nyeri baik di payudara dan organ intim
  • Adanya perubahan pada siklus mens, yakni tidak menstruasi atau menstruasi di luar siklus normal biasanya
  • Adanya cairan/lendir kental yang berwarna coklat dan berada di mulut rahim/vagina hal ini berguna untuk menghalangi sperma membuahi sel telur
  • Badan terasa panas atau tidak nyaman
  • Seringkali diikuti kenaikan berat badan serta nafsu makan bertambah

Adapun beberapa efek tadi akan menghilang dengan sendirinya sesuai lamanya mendapatakan terapi kb. Berikut saya sertakan artikel mengenai Beberapa jenis KB. Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan jika ada pertanyaan lebih lanjut. 

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selama kehamilan, salah satu sumber nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah susu untuk ibu hamil.

Manfaat dan Berbagai Jenis Susu Ibu Hamil

Asupan kalsium diperlukan selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan mineral bayi. Wanita yang melahirkan ketika berusia 19 tahun atau lebih tua, membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium.