Kenapa setelah melahirkan merasa gatal pada tubuh?

M Info Penanya: M, Wanita
Dok saya mau tanya , kenapa setelah saya melahirkan saya merasa gatal gatal pada tubuh saya...?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang M,

Penyebab keluhan gatal pasca melahirkan adalah diantaranya seperti pengaruh hormonal, infeksi pada kulit karena bakteri, virus, parasit, atau jamur, reaksi alergi terhadap paparan alergen tertentu, efek penggunaan KB, reaksi alergi obat ataupun kondisi yang lebih jarang seperti urtikaria postpartum yang biasanya gatal timbul mulai dari kehamilan trimester ketiga dan bisa menetap setelah beberapa hari melahirkan.

Untuk mengurangi rasa gatal perlu memperhatikan apa yang menjadi pemicunya, gunakan lotion calamine atau bedak salisil untuk meredakan gatal, dan hindari sembarangan minum obat gatal karena bisa berpengaruh pada ASI. Mandi dengan air dingin bisa membantu menghilangkan alergen yang menempel pada tubuh untuk mengurangi rasa gatal.

Jika tidak ada perubahan maka perlu dipastikan penyebabnya pada dokter atau dokter kulit agar diberikan penanganan yang juga aman untuk ibu menyusui. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat tea tree oil beragam, mulai dari perawatan kulit sampai menjadi pembasmi serangga

Mulai dari Kulit Sampai Deodoran, Ini 16 Manfaat Tea Tree Oil

Manfaat tea tree oil yang umum diketahui orang-orang adalah untuk perawatan kulit. Namun tak hanya untuk kulit, tea tree oil juga bisa menjadi deodoran alami, pembasmi serangga, mengatasi ketombe, dan sebagainya.