Kenapa setelah melahirkan merasa gatal pada tubuh?

M Info Penanya: M, Wanita
Dok saya mau tanya , kenapa setelah saya melahirkan saya merasa gatal gatal pada tubuh saya...?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang M,

Penyebab keluhan gatal pasca melahirkan adalah diantaranya seperti pengaruh hormonal, infeksi pada kulit karena bakteri, virus, parasit, atau jamur, reaksi alergi terhadap paparan alergen tertentu, efek penggunaan KB, reaksi alergi obat ataupun kondisi yang lebih jarang seperti urtikaria postpartum yang biasanya gatal timbul mulai dari kehamilan trimester ketiga dan bisa menetap setelah beberapa hari melahirkan.

Untuk mengurangi rasa gatal perlu memperhatikan apa yang menjadi pemicunya, gunakan lotion calamine atau bedak salisil untuk meredakan gatal, dan hindari sembarangan minum obat gatal karena bisa berpengaruh pada ASI. Mandi dengan air dingin bisa membantu menghilangkan alergen yang menempel pada tubuh untuk mengurangi rasa gatal.

Jika tidak ada perubahan maka perlu dipastikan penyebabnya pada dokter atau dokter kulit agar diberikan penanganan yang juga aman untuk ibu menyusui. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kulit gatal terjadi akibat banyak berkeringat dan kotoran yang menumpuk pada kulit

Penyakit Kulit Gatal Ini Tidak Menular, Tapi Ganggu Kenyamanan dan Penampilan

Psoriasis adalah penyakit kulit dengan gejala gatal serta perih, yang pada umumnya muncul di area siku, lutut, kulit. Selain itu penyakit kulit gatal yang lain dan dapat menyerang yaitu biang keringat, dermatitis atopik dan dermatitis kontak.