Kenapa Setelah kecelakaan mata kanan sering keluar air mata dan bicara cadel ?

H9 Info Penanya: H9, Pria, 1 Tahun
Selamat mlm dok. Sebulan yg lalu sya mengalami kecelakaan kepala kebentur aspal dan skg lukanya sudah pda sembuh. Tpi mata kanan sya selalu keluar air mata. Mulut susah bicara/cadel.terima kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam H,

Tekanan intra cranial (TIK) adalah suatu kondisi yang menggambarkan tekanan di dalam tengkorak manusia yang berisi otak dan pembuluh darah. Tekanan ini senantiasa dijaga agar tetap stabil oleh tubuh melalui proses metabolisme. Pada beberapa keadaan TIK ini meningkat dan berpotensi menimbulkan komplikasi dari yang ringan hingga berbahaya. TIK yang meningkat bisa karena pecahnya pembuluh darah otak, tekanan darah tinggi, terbentur benda tumpul dan karena adanya tumor.

Gejala yang terjadi saat TIK diantaranya : 

  1. Mual dan muntah
  2. Kepala terasa berat
  3. Pusing
  4. Pingsan
  5. Gangguan pada beberapa saraf misal penglihatan jadi berkurang atau bicara pelo.

Beberpa tips untuk mengurangi gejala :

  1. Hindari konsumsi garam
  2. Hindari konsumsi kafein biasa terdapat dalam kopi dan teh (1/4 kadar kafein kopi)
  3. Perbanyak istirahat dan hindari begadang
  4. Kelola stres Anda
  5. Tidur dengan suhu kamar atau kurang dari 27 derajat,hal ini mampu memberikan efek relaksasi saraf otak dan mampu membantu menurunkan TIK.

Berikut ini saya sertakan artikel Cek tekanan darah normal atau tidak untuk menambah wawasan Anda. Segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf agae mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi jahe dapat menangani sakit kepala sebelah

6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat di Rumah

Sakit kepala sebelah atau migrain dapat menimbulkan rasa nyeri di satu sisi kepala. Cara mengatasinya yaitu kompres dengan air dingin atau hangat, mengonsumsi kafein dan jahe, serta minum air.