Kenapa setelah ikut fitness tinggi badan tidak bertambah ya, apa solusinya dok?

DS Info Penanya: DS, Pria, 2019 Tahun
Dok, dulu saya itu tinggi. Tapi kenapa setelah saya ikut fitness tinggi badan saya tidak menambah ya dok? Dan apa solusinya dok. Terimakasih!
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Setahu saya kalau fitness memang tidak membuat tinggi bertambah karena tujuannya adalah memperkuat otot dan meningkat kondisi tubuh (fitness) secara keseluruhan. Latihan yang terbukti meningkatkan tinggi badan adalah berenang. Karena gerakannya yang merangsang pertumbuhan tulang.

Faktor genetik dan gizi berperan penting dalam tinggi badan. Tapi yang perlu saya tanya, memangnya usia anda masih puber? Karena pertumbuhan tinggi badan akan berkembang dengan pesat pada usia puber atau pada laki-laki usia 12-15 tahun. Kenapa dulu anda tinggi karena untuk perempuan pertumbuhannya dimulai lebih dini dari laki-laki, sehingga laki-laki kesannya "menyusul". Setelah usia 16 tahun kebanyakan laki-laki sudah tidak bisa tambah tinggi hanya pertumbuhan massa otot yang bisa dikembangkan. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pastikan suhu kolam renang setidaknya 32 derajat Celcius jika bayi Anda berusia di bawah 3 bulan

5 Persiapan untuk Mengajak Bayi Renang

Berenang memiliki banyak manfaat untuk bayi, salah satunya membuat tubuhnya menjadi terlatih. Namun, Anda harus mengetahui beberapa tips renang bersama bayi agar nyaman dan aman.