23 Mar 2021, 15:18Psikologi

Sering berbicara sendiri, apakah dampaknya?

SB
Info Penanya: SB, Pria, 19 Tahun
Doc saya suka berbicara sendiri di saat lagi sendirian, namum tidak berbicara dalam hati melainkan langsung dengan mulut saya. dan saya sering memaki diri saya sendiri dengan kata kasar saat saya mengingat kejadian yang tidak menyenangkan, kayak Engga sadar gitu tiba-tiba aja langsung ngeluarin kata kata kasar.
110 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, STerima kasih atas pertanyaan AndaBerbicara dengan diri sendiri atau self talk sering dilakukan seseorang. Kondisi ini berupa dialog dengan diri sedniri yang terjadi dibawah alam sadar yang umumnya self talk ini berupa ungkapan ide atau perasaan. Sehingga tidak jarang bahwa self talk ini bisa meyakinkan diri, dan menyebabkan Anda menjadi orang yang optimis jika self talk yang dilakukan ini bersifat positif. Namun, bila self talk yang terjadi berupa ide atau gagasan yang negatif, sebaiknya segera diubah karena kondisi ini kurang baik bagi diri Anda.

Beberapa kondisi yang terjadi bila terjadi self talk yang negatif adalah:

  • Gangguan psikologis berupa kecemasan, depresi dan lain sebagainya
  • Menjadi pribadi yang pesimis dan perfeksionis
  • Menggangu hubungan dengan orang lain
  • Pemikiran yang terbatas
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, alangkah baiknya untuk merubah kebiasaan tersebut dan berusaha untuk meakukan self talk yang positif. Dengan melakukan self talk yang bersifat positif diharapkan bisa mendapatkan manfaat seperti lebih semangat dalam menjalani hari-hari, tubuh lebih sehat, membantu mengatasi stres, mengurangi rasa nyeri dan lain sebagainya. Selain itu pastikan juga bahwa Anda tetap konsumsi makanan yang bergizi, konsumsi sayur dan buah, minum air 7-8 gelas perhari, bercerita dengan orang terdekat bila ada masalah, serta berolahraga rutin agar tubuh tetap sehat. Memeriksakan diri ke psikiater jika keluhan ini belum juga membaik.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
masalah kejiwaantren kesehatangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil