Kenapa seseorang mudah sekali marah dan emosional

MO Info Penanya: MO, Wanita, 20 Tahun
Sore dok,saya mau nanya.Mengapa ada seseorang yang mudah sekali marah dan emosional? bagaimana cara mengatasi emosi yang tidak terkontrol? ditunggu jawabannya..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MO,

Emosi atau amarah dapat timbul akibat beragam hal mulai dari pola pengasuhan dari orang tua, gangguan perkembangan, paparan stres yang tinggi, trauma psikis ataupun trauma fisik, gangguan kepribadian, menderita sakit kronis ataupun banyak faktor lain. Untuk bisa mengatasi emosi perlu dilakukan beberapa cara seperti:

  • Mengenali penyebab munculnya emosi
  • Perhatikan tanda-tanda pemicu amarah
  • Pelajari cara menenangkan diri
  • Temukan cara sehat untuk mengekspresikan kemarahan
  • Cari bantuan apabila emosi tidak dapat diatasi seperti berkonsultasi dengan tenaga profesional seperti psikolog atau dokter ahli psikatri agar dilakkukan penanganan salah satunya dengan konseling atau terapi dan jika perlu diberikan pengobatan

Aktivitas harian juga bisa membantu mengendalikan emosi seperti berbagi cerita dengan teman dekat, berolahraga, menghindari keadaan-keadaan yang dapat memicu emosi, mengatur nafas, melakukan ibadah dan lainnya untuk membantu mengatasi amarah yang timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Delirium dan demensia sebenarnya adalah gangguan yang berbeda, meski sulit dibedakan

Delirium Vs. Demensia, Penyakit Lupa yang Picu Penurunan Kesadaran

Demensia dan delirium, sama-sama menyebabkan gangguan ingatan. Meski demikian, tetap ada perbedaan di antara keduanya. Delirium adalah perubahan secara mendadak pada otak yang memicu kebingungan, sementara demensia adalah penurunan kemampuan fungsi otak.