Kenapa sesak napas saat berjalan atau berlari?

U Info Penanya: U, Pria
Saya sesak napas kalau berjalan maupun berlari
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi U,

Sesak napas adalah tanda adanya gangguan tubuh yang membuat kesulitan untuk bernapas. Sesak napas sendiri tidak hanya karena masalah saluran pernapasan tetapi bisa timbul karena masalah organ lain seperti jantung, ginjal, hati, lambung ataupun lainnya.

Jika sesak napas dirasa saat berjalan atau berlari, perlu diperhatikan gejala lain yang timbul seperti ada tidaknya suara napas tambahan seperti mengi, kaki yang bengkak, nyeri dada, perut yang membuncit, nyeri pinggang dan lainnya sehingga bisa membantu dokter untuk menentukan apa penyebabnya. Perhatikan juga kondisi apa yang memicu sesak napas dan memperingannya.

Periksakan diri pada dokter agar dilakukan evaluasi untuk mencari tahu penyebab sesak napas. Nantinya dokter akan melakukan tanya jawab mengenai kondisi yang timbul, melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan pemeriksaan tambahan yang diperlukan seperti lab darah, foto rontgen, rekam jantung, pemeriksaan kapasitas paru dan pemeriksaan lainnya. Jika sesak dirasa memberat segera datang ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh E
15 Nov 2019, 12:42
Sangat membantu terima kasih
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya mabuk, efek alkohol terhadap tubuh adalah dapat memicu diabetes

Jangan Remehkan 13 Efek Alkohol pada Tubuh Anda Ini

Menyesap alkohol sekali-kali tidaklah masalah, tapi meminumnya secara berlebih dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan. Efek alkohol terhadap tubuh tak boleh diremehkan, karena dapat menyebabkan penyakit jantung, dan berbagai gangguan medis lainnya.