Kenapa Sering Tiba-tiba Nyeri Kepala?

RD Info Penanya: RD, Pria
Selamat malam, saya mau tanya soal penyakit tiba2pusing
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RD,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri kepala atau pusing dapat disebabkan beberapa hal. Sebagian besar tidak diketahui penyebabnya (Idiopatik), sebagian lagi disebabkan oleh infeksi, trauma kepala atau leher, gangguan pembuluh darah di otak atau leher, terdapat massa / tumor di otak atau leher,  ataupun karena adanya gangguan psikis.

Terdapat beberapa jenis nyeri kepala yang paling sering dialami yaitu:

1. Migrain

Pada migrain, nyeri dirasakan di sebelah kepala, terasa berdenyut, berlangsung 4-72 jam, diperberat oleh aktivitas fisik, terkadang disertai mual dan tidak tahan melihat cahaya (fotofobia).

2. Nyeri Kepala Tipe Tegang

Nyeri kepala jenis ini dirasakan di kedua sisi kepala, terasa menekan dan mengikat (tidak berdenyut), berlangsung 30 menit - 7 hari, tidak ada mual, tetapi terkadang disertai fotofobia. 

3. Nyeri Kepala Tipe Cluster

Nyeri dirasa berat, terasa menekan di area mata, sekitar mata, kepala bagian samping, atau kombinasi ketiganya. Berlangsung selama 15 - 180 menit, mulai dari hanya 1x/hari sampai berulang hingga 8x/hari.

Untuk mencegah seringnya kekambuhan pada nyeri kepala yang Anda alami, alangkah baiknya jika Anda mengetahui beberapa pencetus nyeri kepala, di antaranya :

  1. Stres
  2. Faktor usia
  3. Suara berisik
  4. Terpapar cahaya matahari berlebih
  5. Lapar

Jika nyeri kepala yang Anda alami terasa sangat mengganggu, sering kambuh, dan semakin berat intensitasnya, segera konsultasikan dengan dokter spesialis saraf Anda untuk mengetahui penyebab sakit kepala yang sering Anda alami sehingga dapat diberi penanganan lebih lanjut. Berikut ini saya lampirkan artikel Cara Menghilangkan Pusing Tanpa Obat untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Indirasthi Dwi Astari

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat dapat dilakukan.

6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat di Rumah

Cara mengatasi sakit kepala bisa ttanpa obat, seperti kompres air dingin atau hangat di kepala, acupressure, konsumsi air putih dan makanan kaya vitamin B kompleks.