Kenapa sering pusing berputar?

S Info Penanya: S
1. Dok sudah seminggu ini kepala saya tiba tiba seperti berputar (kadang2) cuma beberapa detik langsung hilang, nanti muncul lagi, saya lagi duduk, jalan, rebahan, serasa lebih cepet lupa, pandangannya buram,, kejadiannya sekitar jam 5 sore- 9 pagi,,(kalo di rumah seharian ya seharian itu dok seperti berputarnya) ,, 2. Dok kenapa setiap saya makan ikan asin langsung muntah walaupun mkan blum selesai, mohon penjelasannya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Keluhan pusing berputar yang hanya sesaat atau pandangan gelap bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti anemia, hipotensi, terlambat makan, konsumsi alkohol dan kopi, adanya gangguan penglihatan, atau adanya masalah persyarafan di kepala. Keluhan ini bisa diatasi dengan cara perbanyak konsumsi daging tanpa lemak, sayur dan buah, hindari melakukan gerakan atau perubahan posisi secara mendadak, perbanyak minum air putih untuk menghindari tubuh kekurangan cairan.

Sedangkan untuk keluhan muntah setiap kali makan ikan asin mungkin bisa disebabkan oleh sambel yang menyertainya ikan asin yang Anda konsumsi terlalu pedas.

Bila keluhan pusing berputar atau keluhan muntah ini berlangsung secara terus menerus, maka lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala asal lambung naik yang paling umum terjadi adalah heartburn

Kenali 7 Gejala Asam Lambung Naik agar Bisa Diatasi dengan Tepat

Gejala asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD) bisa ringan dan parah. Mulai dari heartburn, mulut terasa asam, rasa pahit di belakang mulut, kesulitan menelan, hingga batuk-batuk. Meski tidak bisa disembuhkan, GERD bisa dikendalikan agar tak terus mengganggu penderitanya.