Kenapa sering nyeri perut bawah dan tiba-tiba demam?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita
Assalamualaikum dok, saya devi usia 23th, saya bru menikah 2bln. Beberapa hari perut bwh sy nyeri,kdg bagian tengah, kdng kanan gt dok, suka kcapek an, kemarin tb2 demam sehari aj, Saya blum telat haid dok. Bulan kmrn sy datang bln tanggal 13 okt, trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi CD,

Perut yang sakit adalah tanda adanya masalah pada organ disekitar rongga perut dimana bisa disebabkan oleh gangguan saluran pencernaan seperti penyakit maag, iritasi usus, usu buntu, sembelit, gangguan saluran kemih seperti infeksi saluran kemih, gangguan saluran reproduksi ataupun kondisi lain. Jika timbul sakit perut perhatikan gejala apa yang menyertai dan apa yang menjadi pemicunya.

Tidak jarang faktor kebiasaan harian seperti terlambat makan, kurang asupan cairan, pola konsumsi makanan yang kurang baik, kebiasaan menahan keinginan buang air, aktivitas fisik berat dan lainnya bisa menjadi pemicunya. 

Jika timbul demam bisa menandakan adanya infeksi jadi ada baiknya memeriksakan diri pada dokter untuk memastikannya agar dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, tes urine ataupun USG agar nantinya diberikan penanganan yang sesuai.

Perbanyak minum air putih, kompres perut dengan kompres hangat, dan jaga asupan makanan untuk membantu meredakan rasa nyeri, bisa juga mengonsumsi obat penurun panas seperti parasetamol untuk membantu mengurangi sakit perut dan demam. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

PCOS (polycystic ovarian syndrome) adalah salah satu penyebab gangguan kesuburan pada wanita

Sulit Hamil? Mungkin Anda Memiliki Risiko Infertilitas Ini

Perempuan dianggap mengalami infertilitas apabila tidak hamil saat sudah mencoba hamil dalam kurun satu tahun. Penyebab infertilitas pada perempuan cukup beragam, misalnya infeksi saluran reproduksi dan PCOS (polycystic ovarian syndrome). Kenali faktor risiko infertilitas untuk meminimalisir terjadinya infertilitas.